Ertiga diesel bakal naik

Waduh belum juga beli sudah naik ini harganya :(

Mulai awal bulan ini, tepatnya 1 April 2017, pemerintah India menarik insentif yang diberikan kepada mobil dengan teknologi mild hybrid. Dengan adanya keputusan ini, tentunya secara langsung akan berdampak pada Maruti Suzuki yang sebagian produk mereka menggunakan teknologi tersebut.

Suzuki India sebelumnya memiliki produk Ertiga dan Ciaz yang mendapatkan insentif dari pemerintah india dengan menggunakan teknologi midl hybrid, sejak Faster Adoption of Hybrid and Electric Vehicle (FAME) diberlakukan April 2015 lalu.

Skema FAME ini sudah berlangsung sejak dua tahun. Ini berarti kendaraan yang berada di bawah payung FAME sebelumnya, yaitu mild hybrid, strong hybrid, plug-in hybrid dan pure electric vehicles menikmati insentif khusus.

Suzuki Ertiga dan Ciaz yang mendapatkan intensif ini menggunakan teknologi mesin dengan dibantu motor listrik untuk membantu mesin menggunakan tenaga yang dipulihkan dan disimpan dalam baterai dengan tujuan menghemat bahan bakar. Selama ini, pemerintah memberikan insentif sebesar 13.000 rupee atau Rp 2,6 juta per unit, sesuai dengan aturan yang tertera di dalam skema FAME.

Dengan dihentikannya skema Fame di India, pastinya produk akan mengalami peningkatan harga jual yang tentunya juga berimbas di Indonesia. Saat ini Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang baru saja mulai dipasarkan di Indonesia ditawarkan dengan harga Rp 219,5 juta kemungkinan akan mengalami kenaikan harga, meski saat ini belum ada informasi dari pihak Suzuki Indomobil Sales terkait hal tersebut.

Meski begitu, sebelumnya pihak Suzuki mengatakan bahwa produk mereka akan mengalami kenaikan harga untuk Suzuki Ertiga Diesel VIN 2017. Namun, seperti yang disampaikan Makmur, 4W Sales Director Suzuki Indomobil Sales, dirinya hanya menyebut kalau kenaikan karena selisih BBN (Bea Balik Nama) saja

No comments:

Post a Comment