Merawat cat mobil

Apabila mobil anda mulai kusam warnanya apakah karena berjamur atau karena kotoran yang masih menempel pada body mobil, maka tidak perlu bingung untuk membersihkannya, cukup siapkan peralatan dan  bahan sebagai berikut:
- obat poles untuk cat
- kain lap berbahan katun (jangan polyester), semakin lembut kain maka akan semakin bagus karena mengurangi resiko cat tergores
- sikat gigi atau kuas.


Sebelum pengerjaan, cuci mobil dan bersihkan dari kotoran berupa debu dan saat pemolesan pastika suhu permukaan mobil tidak panas (mobil tidak habis dijemur di terik matahari). Penggosokan sebaiknya dilakukan dengan gerakan memutar dan lakukan per bagian demi bagian agar lebih efektif dan efisien. Untuk menghindari tangan menjadi pegal, bisa digunakan mesin poles dengan mimilih putaran yang tidak terlalu kencang agar cat tidak rusak atau panas.

Gunakan kuas atau sikat gigi (bekas) untuk membersihkan sisa sisa residu dari obat poles dan kotoran lainnya yang melekat di di sela-sela dan sulit terjangkau oleh kain, atau yang menempel di sela bodi atrau komponen aksesories bodi yang sempit. Namun ada baiknya juga kalau sebelum memoles, tutup komponen sekitar bodi dengan lakban kertas, seperi sela-sela pintu, bagasi, kap mesin, lampu, grill, dsb.

Khusus untuk cat candy atau bunglon memerlukan perhatian khusus dan ke hati-hatian yang tinggi, jangan terlalu fokus pada satu tempat saja karena bisa menyebabkan belang bukan apa-apa cat dengan jenis ini lumayan harganya loh... Begitu pula untuk cat hitam, ini juga harus diperhatikan bahwa jamur pada cat hitam mudah terlihat dan kalau ada perbedaan sedikit saja dalam treatmentnya maka akan mudah kelihatan belangnya. Jangan gunakan wax yang terlalu kental karena akan menyebabkan efek yang tidak merata sehingga menyebabkan bodi belang. Triknya gunakan cairan wax yang agak encer yang dituangkan  ke kanebo agar pembersihannya jadi merata.


Obat Poles - Di pasaran banyak terdapat merek obat poles dengan fungsi beragam, namun secara umum obat poles dibagi dua, yaitu obat poles berupa WAX dan obat poles berupa COMPOUND. Obat Poles Wax hanya untuk mengkilapkan dan melindungi permukaan cat dan dipakai untuk membersihkan kotoran atau jamur ringan, seperti kalau kita mengkilapkan kulit sepatu. Wax aman digunakan sesering mungkin karena tidak mengikis cat.
Sedangkan compound, obat poles compound yang dapat mengikis cat dan kalau sering digunakan dapat menyebabkan "botak" pada cat. Bahkan ada juga compound yang memiliki sifat abrasif (jarang beredar di pasaran), jenis ini harus digunakan oleh profesional.