Ban Suzuki Ertiga Gundul pada km 16000

Melalui surat ini saya menyampaikan keluhan terhadap Authorized Suzuki Dealer – Citra Asri Buana (CAB) atas mobil Suzuki Ertiga nopol F 1131 DI, yang dalam 2 kali service terakhir dilakukan di bengkel CAB.

Berikut adalah kronologis peristiwanya:
-    Pada tanggal 22/5 pada bengkel CAB/Citra Asri Buana, dilakukan service untuk 10.000 km, dan diminta untuk merotasi ban sesuai dengan petunjuk pada buku manual resmi mobil Suzuki Ertiga.
-    Pada tanggal 13/8 pada bengkel CAB, dilakukan service 15.000 km.
-    Pada tanggal 28/8 saya baru menyadari bahwa 2 ban belakang mobil ternyata jauh lebih “gundul” dari 2 ban depan yang masih relatif tebal bunga ban nya.
Yang menjadi permasalah adalah mengapa 2 ban belakang mobil tersebut bisa jauh lebih gundul dari ban depannya?



Dengan fakta pemakaian mobil sebagai berikut:
-    saya memakai mobil tersebut dengan cara normal, tidak dipakai balapan atau drift, tidak dipakai offroad, tidak memuat beban berat, bahkan mengangkut full penumpang sampai ke raw 3 belakang sangat jarang sekali (paling mengangkut full penumpang baru dilakukan 2 kali, waktu mudik lebaran kemarin dan waktu acara awal tahun baru 2013 kemarin).
-    Kilometer mobil baru 16.000 –an.
-    Mobil tidak pernah dipinjamkan, tidak direntalkan, benar-benar dipakai saya sendiri dan sekali-sekali (itu pun jarang) oleh istri saya, dan selalu parkir dalam pengawasan, atau setidaknya hampir tidak ada kemungkinan untuk terjadinya pemakaian atau “pe-ngoprek-an” mobil oleh pihak lain.
-    Service selalu dilakukan di bengkel resmi suzuki, dua kali service awal di cabang Ciawi (Duta Cendana Adimandiri/DCA) dan dua kali terakhir di cabang pajajaran Bogor (CAB)/Citra Asri Buana. Tidak pernah dilakukan di bengkel lain selain dua bengkel tersebut.

Dari data kronologis dan fakta tersebut di atas saya menyampaikan keluhan sebagai berikut:
-    Saya baru menyadari benar-benar bahwa ban belakang mobil ertiga berbeda jauh kondisinya dengan ban depannya setelah diingatkan oleh tukang cuci mobil langganan dan tukang cat mobil, yang mana seharusnya hal tersebut menjadi SOP dari bengkel resmi Suzuki, yaitu memeriksa kondisi dari mobil konsumen. Beberapa bulan yang lalu setelah ban dirotasi oleh bengkel CAB, istri saya sempat bertanya kenapa kok ban belakang agak gundul? Namun karena belum “ngeh” saya menjawab mungkin ini karena di rotasi yang mana ban serep turun sehingga satu ban kelihatan berbeda, padahal seharusnya kalau ban serep turun tentunya bukan lebih gundul, tapi seharusnya satu ban lebih tebal dari ban lainnya, itu pemikiran saya waktu itu (padahal dalam kenyataannya ternyata ban serep tidak diturunkan/rotasi). Tentunya hal ini akan jelas apabila ketika selesai atau pada awal mobil masuk untuk di service oleh CAB/Citra Asri Buana terdeteksi adanya ban yang di luar kewajaran/aneh, bukan malah terdeteksi oleh tukang cuci mobil dan tukang cat mobil!
Bengkel CAB telah lalai dengan tidak melakukan pemeriksaan terhadap keseluruhan kondisi mobil baik sebelum atau setelah service, apalagi service nya terkait dengan ban juga (rotasi ban).

-    Setelah di lakukan rotasi ban dan tentunya langsung di spooring atau balancing (saya tidak tahu persis treatment apa yang dilakukan, tetapi seharusnya dan pasti data detail tentang service  ada pada data di komputer CAB), seharusnya kondisi ban dan komponen penunjang lainnya (velg, shock, arm, dsb) akan lebih baik dan terkontrol dalam kondisi baik, tapi pada kenyataannya sekarang roda belakang menjadi gundul setelah dilakukan rotasi dan spooring/balancing oleh CAB?!
Bengkel CAB telah melakukan tindakan pada saat mobil diservice, saya tidak tahu secara teknis atau non teknis apa yang dilakukan oleh mekanik Bengkel CAB sehingga menyebabkan dua ban belakang saya dalam waktu 3 bulan atau 5000 km dari sejak di rotasi bisa langsung drastis menjadi gundul seperti kondisi sekarang ini.

Dari fakta yang ada dan apa yang terjadi sekarang ini tentunya pihak CAB harus dapat mempertanggung jawabkan apa yang terjadi dengan kondisi ban mobil sekarang ini.

Data Kendaraan Ertiga:
Nopol : F 1131 DI , tahun : 2012
No mesin : K148T1029433
Atas nama: Wiwin Dwi Krisna (Istri)

Data tambahan dan hasil komplain secara lisan:
Secara lisan saya sudah mengajukan komplain kepada pa Fikram Manajer Bengkel Suzuki CAB/Citra Asri Buana Pajajaran dan berbicara dengan para mekaniknya, berikut hal hal yang dapat saya dapatkan dari hasil komplain tersebut:
Pertanyaan yang saya ajukan adalah apakah ban ini adalah ban bawaan dari mobil ertiga saya ini atau bukan? Dan kok bisa dalam beberapa bulan saja kondisi ban menjadi gundul?
-    Para mekanik yang di belakang (bengkel) tidak ada satu orang pun yang menyatakan bahwa kondisi ban mobil janggal/aneh. Mereka bersikukuh bahwa ban gundul diakibatkan karena kondisi kaki kaki atau ban yang mungkin tidak normal (padahal kan baru di setting 3 bulan kemarin), sehingga hal tersebut adalah hal yang wajar, padahal mana mungkin lah kalau salah settingan bisa sampai se gundul ini, dan gundulnya tidak mungkin merata begini. Padahal kan mereka sendiri yang men setting nya.  Dari psikologisnya intinya mereka tidak mau disalahkan dan bersikap defensif. Mereka yakin bahwa ban adalah memang ban bawaan mobil dari awal dilihat dari nomor seri ban (462012 dan 452012) yang berurutan, padahal ada ertiga baru lainnya yang nomor bannya berjauhan (misal: 202013 dan 502013) berarti ertiga baru tersebut bukan ban bawaannya ya!?
Tapi pada intinya berbicara dengan para mekanik menjadi debat kusir yang tidak masuk logika secara umum, sehingga saya pun mempertanyakan bagaimana kualitas secara umum dari para mekanin di bengkel ini?
-     Pa Fikram melayani komplain saya dengan sabar dan baik dan berjanji akan melakukan penelitian. Sore dan besok harinya ditelepon beliau mengatakan bahwa kode ban apabila berurutan atau berdekatan maka dapat dipastikan bahwa ban itu adalah bawaan mobil tersebut, padahal seperti saya lihat di begkel lain ada ertiga yang kode ban nya berbeda jauh. Selanjutnya katanya beliau akan melakukan penelitian ke penyedia ban yaitu gajah tunggal dan akan menghubungi bila sudah ada kabar.
-    Ada satu orang lagi yang saya tidak tahu namanya, orangnya sedikit agak gempal dan rambutnya agak kurang, kulitnya agak putih. Orang ini yang pertama kali menerima komplain saya, tapi selanjutnya setelah mengetik dan memprint sesuatu dan diberikan ke mekanik belakang, saya ditinggal saja tanpa ada pelayanan selanjutnya, sikapnya acuh dan tidak terlalu perduli terhadap masalah saya dan malah kesana kemari, tidak ada sedikit komentar pun terhadap kasus mobil saya ini dan fokus ke konsumen lainnya, padahal beliau yang pertama kali menerima mobil saya.

-    Beberapa orang yang saya kenal yang sedikit banyak memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam dunia per mobilan (supir, teman yang ikut klub mobil, teman yang baru beli mobil juga)  diminta keterangannya dan mereka mengatakan bahwa ban ini seperti ban yang sudah dipakai 2 atau 3 tahun lamanya. Kemudian saya coba meminta second opinion dari bengkel resmi lain, manajer bengkelnya mengatakan bahwa ini memang janggal/aneh, tidak seperti di bengkel CAB yang mengatakan hal ini wajar wajar saja.
2 Ban  belakang suzuki ertiga yang gundul

sedangkan yang depan masih bagus begini