Menanggapi kehadiran pemain baru di segmen low MPV (multi purpose vehicle),
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) optimistis menghadapi persaingan pasar
yang semakin ketat. Suzuki memandang konsumen kendaraan di Indonesia
rasional dan smart buyer.
Hal tersebut disampaikan 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra saat berbincang dengan SINDOnews. "Konsumen di Indonesia khususnya pengguna low MPV adalah konsumen yang rasional dan smart buyer.
Mereka tidak hanya berpikir biaya akuisisi pertama kali. Tapi mereka
juga memikirkan purna jual, servis (ketersediaan bengkel), spare part
(suku cadang), serta harga jual kembali," ujarnya.
Donny
mengatakan konsumen di Tanah Air juga sangat memperhatikan brand.
Sebelum memilih kendaraan mereka melakukan riset brand. Hal ini sebagai
faktor penting dalam memilih tipe kendaraan.
"Menurut
saya dengan adanya pemain baru ikut meramaian pasar Indonesia, ya
silakan. Konsumen menjadi banyak pilihan. Tapi, kami yakin konsumen di
Indonesia smart dan rasional," tegasnya.
Donny
menyatakan, sebagai low MPV andalannya, Suzuki Ertiga telah mampu
menjawab kebutuhan konsumen. Sejak diluncurkan pada 2012, Ertiga terus
bertransformasi. Pada 2013, Suzuki menghadirkan Ertiga Elegant, kemudian
Ertiga Sporty pada 2014, Ertiga Dreza pada 2016 dan terbaru Ertiga
Diesel Hybrid.
"Senjata kami Suzuki Ertiga. Sejak
diluncurkan pada 2012 telah beberapa kali mengalami penyegaran dalam
menjawab kebutuhan konsumen. Di mana kami memberikan depresiasi produk
yang berbeda, lebih komplit, irit, aman, mewah dan nyaman," jelasnya.
Sebab
itu, Suzuki tidak khawatir dengan kehadiran dua pemain baru yang telah
memastikan diri hadir di Tanah Air pada tahun ini, yakni small MPV
Mitsubishi XM dan Wuling Confero S. Di mana kedua produk ini akan
bermain di segmen yang sangat gemuk di pasar Indonesia low MPV.
No comments:
Post a Comment