Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio

Style dan Desain

Berbicara soal Style maupun Desain, sangatlah berdasarkan selera, jadi untuk ukuran dalam hal ini tergantung dari friends semua, hanya saja Mobilio memiliki keunggulan pada desain eksteriornya, body yang memiliki garis-garis tajam khas honda yang dinamis, membuat tampilan terlihat sangat sporty dan keren, lampu belakang  dan desain kaca melekuk dan menyambung pada kaca bagian belakang dan bagasi membuat desainnya tampak sangat keren, dan tetap terlihat elegant seperti baby Odysses, Hanya saja untuk bagian interior material yang digunakan kurang nampol, sangat mirip dengan Brio, sedangkan untuk Ertiga desain Eksteriornya biasa saja, hanya pada interior material bahan yang digunakan sedikit lebih baik dan Nyaman.


Performa

Bicara soal performa dari data majalah Otomotif edisi 44, yang telah melakukan pengetesan pada kedua mobil ini, secara performa melalui test yang dilakukan ternyata Mobilio mampu mengungguli Ertiga, mobilio memakai mesin berkapasitas 1500cc dng teknologi I-Vtec, SOHC, drive by wire, sedangkan Ertiga berkapasitas 1400cc DOHC, dan VVT, test menggunakan ertiga tipe GX automatic dan Mobilio tipe E prestige automatic, tampak memang masalah performa bukan lagi menunjukkan kalo DOHC lebih unggul dari SOHC, CC yang sedikit lebih besar juga tentu membantu mobilio.

Mobilio Unggul 0,2 detik untuk mencapai kecepatan 100km/jam, mobilio 14,9 detik dan ertiga membukukan waktu 15,1, dan untuk jarak 402 meter lebih unggul 0,3 detik, mobilio membutuhkan 19,5 detik sedangkan ertiga butuh 19,8 detik, dan dari review beberapa majalah otomotif, untuk performa memang Mobilio sedikit lebih responsif.

Konsumsi bahan bakar

Masih dari majalah Otomotif, bahan bakar keduanya beda tipis, walau mobilio punya kapasitas mesin lebih besar bukan berarti menjadi boros bahan bakar justru ternyata beda tipis hasil pengetesan antara keduanya.

Untuk dalam kota Mobilio lebih irit selisih sekitar 0,4 km, Mobilio untuk 1 liter  bbmnya mencapai 12,8, sedangkan ertiga 12,4, sedangkan untuk perjalanan luar kota ertiga bisa lebih irit ertiga satu liternya mencapai 15,6 km, sedangkan mobilio 15 km saja hal ini dimungkinkan karakter mesin DOHC ertiga yang cocok di RPM tinggi, dan untuk kecepatan konstan 100km/jam mobilio mampu membukukan hasil 1:20,5 lebih baik daripada ertiga yang 1:19.

Fitur

Untuk Fitur, kedua mobil ini hampir sama-sama dilengkapi fitur yang seimbang untuk kelas yang sama, telah dilengkapi dual airbag, dan ABS, lalu sisi kenyaman AC juga sudah sama-sama double blower, tapi yang kurang dari mobilio adalah tidak adanya Switch audio pada setir jadi pengendara tidak perlu repot-repot dan terhalang konsentrasinya dimana pada ertiga seri GX hal ini sudah ada, namun head unit mobilio sudah menggunakan monitor dan dapat terintegrasi dengan kamera belakang.

Kabin, akomodasi dan kenyamanan

Luas kabin ertiga terasa lebih panjang jika bangku dilipat semua sampai baris kedua hal ini dikarenakan cara melipat kursi baris ketiga, ertiga bisa sejajar (lihat gambar diatas), hanya saja mobilio lebih lebar dan tinggi, dan jika semua diduduki sampai 7 orang, bagasi mobilio masih lebih lega, untuk membuka Jok baris kedua juga sangat nyaman karena hanya butuh satu sentuhan, coba Jok baris ke tiga mobilio tipe terbuka samping kayak inopa pasti lebih luas lagi hehhee.

Harga

untuk TIpe yang sama Mobilio masih lebih murah dibandingkan ertiga, untuk tipe Mobilio tipe E CVT mobilio dibandrol 189,5 juta, sedangkan ertiga untuk tipe GX double blower automatic seharga 192,4 juta.

After Service

Untuk Mobilio maupun ertiga sama-sama mendapatkan gratis jasa service di 20.000 km, kalau soal service memang masih milik Avanza yang berani memberikan gratis jasa sampai 50.000 hehehe (updated suzuki memperpanjang masa service gratis menjadi 50.000 km per April 2014).

Untuk harga parts saat ini terkenal Honda lebih mahal dari pabrikan jepang lainnya, mungkin ada komentator yang mau share soal ini monggo.

Untuk urusan harga jual kembali sangat tergantung dari Brand Image suatu produk itu sendiri tapi sepertinya ini bisa dikatakan Honda lebih unggul karena menurut survey dari lembaga marketers Honda menduduki posisi kedua brand image tertinggi ditempat pertama tentu saja sang penguasa pasar Toyota dan posisi ke tiga adalah Suzuki, jadi harga jual kembali tampaknya dari kedua kendaraan ini hampir sama.

Untuk urusan bengkel resmi baik Suzuki maupun Honda memiliki cabang yang hampir sama banyaknya menurut data internal, Suzuki punya sekitar 136 bengkel Resmi unggul dari Honda yang hanya memiliki 100 bengkel Resmi.

Sumber:  http://mariodevan.com/2014/03/07/compare-suzuki-ertiga-vs-honda-mobilio-sapa-lebih-unggul/

No comments:

Post a Comment